Minggu, 18 Januari 2009

Apa Itu Partai Islam Para Blogrrr? (2)

Tanya: Anda tetap akan bikin PIPB ini, walau seandainya anda punya banyak uang. Bisa anda gambarkan lebih lanjut PIPB itu sebernanya partai apa?

Jawab:
Ini partai luar biasa! Mengapa? Sebab, PIPB tidak akan dan tidak perlu ikut pemilu. Dengan begitu, partai apa pun yang mau ikut pemilu tidak perlu merasa tersaingi atau terancam oleh PIPB.

T: Tapi, partai yang tidak berniat ikut pemilu apa bisa disebut partai? Bukankah partai-partai memang dibikin justru untuk ikut pemilu? Untuk ikut proses dan prosedur demokrasi?

J: Kan sudah banyak orang bilang bahwa selama ini kita cuma menjalankan demokrasi formalitas, bukan demokrasi hakiki. Untuk menampilkan dan meramaikan formalitas itulah (sebenarnya!) partai-partai kita dibikin.

T: Maksud anda mereka yang bikin partai-partai itu hanya menunggangi demokrasi?

J: Ya. Kalau tidak salah!

T: Sayang, saya tidak tahu anda salah atau benar. Tapi, sebaliknya, apakah PIPB bukan hanya partai-partaian, alias partai mainan, partai bohongan?

J: Memang, bila dilihat dari sudut pandang demokrasi formalitas tadi, PIPB seperti partai main-main atau bohongan. Tapi PIPB ini sebenarnya muncul seiring dengan merebaknya kekhawatiran kalau-kalau demokrasi itu sendiri sudah diambang kehancuran.

T: Lho, kok anda ngomong begitu?

J: Sebenarnya itu bukan saya yang ngomong! Saya membaca dan mendengar bahwa sistem demokrasi sudah terbukti berulang-ulang sebagai "bukan jawaban" yang tepat untuk mencapai tujuan hakiki kemnusiaan. Bahkan demokrasi juga sebenarnya tidak mampu menegakkan dan atau memperjuangkan tegaknya hak asasi manusia (HAM).

(BERSAMBUNG)

2 komentar:

bunda abdan & aisha mengatakan...

weks.. pesat bennnnneeerrrr kemajuan!! tempo hari br kenalan ama internet, tempo hari lagi udah bisa ceting.. eh, skrg dah join jd blogger.. bikin partai pula.. keren jg nih ustadz gw hehehehe.. sy udah daptar nih jd anggauta.. dapet kaos gratis ga nih klo ikutan kampanye?

cobablog mengatakan...

Mudah-mudahan gak gampang lupa (password dan caranya). Hehehe....